top of page
  • Writer's pictureashefa griya pusaka

Dubes RI di Italia Muhammad Prakosa Meninggal Dunia

Berita duka datang dari perwakilan Indonesia di Italia. Duta Besar RI untuk Roma, merangkap Malta, Siprus dan San Marino, Muhammad Prakosa, meninggal dunia.

Almarhum meninggal di Sacro Cuore FSR Roma pukul 10.55 waktu setempat pada hari ini, Selasa (17/1/2023). Prakosa meninggal dalam usia 62 tahun dan meninggalkan satu orang istri, tiga anak beserta sejumlah cucu.



1. Pernah duduk di DPR dari fraksi PDIP Dalam keterangan dari KBRI Roma yang diterima IDN Times, sebelum menjadi duta besar, Prakosa dikenal sebagai anggota DPR dari fraksi PDI Perjuangan. Prakosa juga pernah menduduki jabatan menteri pertanian di era Presiden Abdurrahman Wahid. Ia juga pernah menjabat sebagai menteri kehutanan di era Presiden Megawati Soekarno Putri.

2. Jadi duta besar sejak 2021 Prakosa baru menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Italia, Sergio Mattarela pada 18 Februari 2022 yang lalu. Menjadi dubes, Prakosa menyampaikan sejumlah komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Italia.

3. Berkomitmen lindungi WNI di Italia Salah satu komitmen Prakosa adalah meningkatkan kualitas perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Italia melalui penguatan hubungan dengan otoritas setempat. Selain itu, ia juga bertekad meningkatkan hubungan Indonesia dan Italia di beberapa bidang, antara lain perdagangan, investasi, wisata, sosial budaya dan pendidikan.

0 views0 comments
bottom of page